Shofiyullah alkahfi alfiyah isytigol

Karya asli shofiyullah alkahfi

الإشتغال
(ISYTIGHOL)
Isytighal yaitu :  ketika kalimah isim disebutkan lebih dahulu dan mengakhirkan fi’il atau serupanya yang beramal pada dhamir yang ruju’ pada isim atau sabab (lafadz yang mudhaf pada dhamir) isim,yang seandainya tidak ada dhamir niscaya akan beramal pada isim.
عَنْـهُ بِنَصْبِ لَفْظِــــهِ  أَوِ الْمَحَــــلّ ۞ إِنْ مُضْمَرُ اسْمٍ سَابِقٍ فِعْلاً شَغَلْ
Apabila terdapat isim dhamir yang ruju’ pada isim yang mendahului pada fi’il (isim sabiq) yang menghalangi pada amalnya fiil untuk menashabkan pada lafadznya isim sabiq atau mahalnya.
حَتْمًا مُوَافِقٍ لِمَـــــا قَدْ أُظْـهِــــرَا ۞ فَالسَّـابِقَ انْصِبْـــــــهُ بِفِعْلٍ أُضْمِرَا
Maka bacalah nashab isim sabiq dengan fiil yang wajib dibuang ,yang cocok dengan fiil yang didhahirkan.
يَخْـتَـــــصُّ بِالْفِعْــــلِ كَإِنْ وَحَيْثُمَــــا ۞ وَالنَّصْبُ حَتْمٌ إِنْ تَلاَ  السَّابِقُ مَا
Dan wajib membaca nashab isim sabiq yang berdampingan deengan adat yang khusus masuk pada kalimah fiil,seperti : إنْ  danحيثما
يَخْتَــــصُّ فَالرَّفْـعَ الْتَزِمْــــهُ أَبَـــــــدَا ۞ وَ إِنْ تَـلاَ السَّــــابِقُ مَــــا بِاْلاِبْتِدَا
Apabila isim sabiq mengiringi pada adat yang masuknya tertentu pada permulaan kalam maka wajib dibaca rafa’
مَـا قَبْلُ مَعْمُوْلاً لِمَــــا بَعْــدُ وُجِــــدْ ۞ كَذَا إِذَا الْفِعْــــلُ تَلاَ مَـــــا لَمْ يَرِدْ
Begitu juga wajib dibaca rafa’ ketika fiil mengiringi pada adat yang isim sabiqnya terletak sebelum adat tersebut tidak terlaku sebagai ma’mul dari fiil yang terletak setelah adat .
وَ بَعْدَ  مَـا إِيْلاؤُهُ  الْفِعْلَ غَلَــبْ ۞ وَاخْتِيْرَ نَصْبٌ قَبْلَ فِعْلٍ ذِيْ طَلَبْ
Dan dipilih dibaca nashab pada tiga tempat: apabila
1. Terletak setelah fiil yang mempunyai arti thalab,
2. Terletak setelah adat yang umumnya berdampingan dengan fiil.

TERJEMAH TAQRIRAT  :
(لما قد أظهرا) secara lafadz dan makna,seperti :
Atau secara ma’na saja : maksudnya
Atau tidak secara lafadz dan tidak secara makna ,tetapi terkadang fiil tetap dalam penuturan,seperti :  maksudnya :
(ما يختص) dari perabot syarat dan perabot tahdlid dan istifham selain hamzah.
(كإن و حيثما) seperti : dan
(ما بالإبتداء) seperti : fujaiyyah
Dan  : seperti :
Dan
(ما لم يرد) seperti adat syaratdan istifham dan tahdlid dan lam ibtida’ dan nafi
Seperti :
Dan
Dan
(ذي طلب) seperti amar,nahi dan doa,seperti :
Dan
Dan
Dan
Dan dikecualikan dengan perkataan adalah isim fa’il seperti :
Maka wajib dibaca rafa’
(غلب) seperti hamzah istifham dan dan dan  yang nafi
seperti :

Bagaimana kita seorang manusia biasa


Keterangan :




مَعْمُــــــوْلِ فِعْلٍ مُسْتَقِــــــرٍّ أَوَّلاَ ۞ وَبَعْـدَ عَاطِفٍ بِلاَ فَصْـــــلٍ عَلـَى
Apabila terletak setelah huruf yang mengathafkan isim pada ma’thuf alaih yang menjadi ma’mul fiil yang berada dipermulaan kalam
بِـهِ عَنِ اسْــــمٍ فَاعْطِفَنْ مُخَيَّـــــرَا ۞ وَإِنْ تَلاَ الْمَعْطُوْفُ فِعْــــلاً مُخْبَرَا
Apabila isim sabiq menjadi ma’thuf dari lafadz yang menjadi khabar dari mubtada’ yang berupa isim ,maka athafkanlah dengan memilih antara membaca rafa’ dan membaca nashab
فَمَا أُبِيْحَ افْعَــــلْ  وَدَعْ مَا لَمْ يُبَحْ ۞ وَالرَّفْعُ فيِ غَيْرِ الَّذِيْ مَرَّ رَجَـــــحْ
Membaca rafa’ itu diunggulkan diselain tempat yang telah disebutkan,maka lakukanlah perkara yang diperbolehkan dan tinggalkanlah yang tidak diperbolehkan.
أَوْ بِإِضَافَــــــةٍ كَوَصْـــــلٍ يَجْــرِيْ ۞ وَفَصْلُ مَشْغُوْلٍ بِحَـــرْفِ جَــــــرِّ
Dan adanya pemisah antara dhamir (yang menghalang-halangi) dan masyghul (fiil) dengan huruf jar dan idhafah,itu seperti tidak ada pemisah.
بِالْفِعْلِ إِنْ لَمْ يَكُ مَانِعٌ حَصَـــــلْ ۞ وَ سَوِّ فيِ ذَا الْبَابِ وَصْفًا ذَا عَمَــلْ
Dan samakanlah dalam bab ini isim sifat yang bisa beramal dengan fiil,apabila tidak ada perkara yang mencegah isim sifat beramal
كَعُلْـقَةٍ بِنَفْـــــسِ اْلاِسْمِ الْوَاقِـــــعِ ۞ وَ عُلْـقَــــــةٌ حَاصِلَــــــةٌ بِتَابِـــــــعِ
Hubungan yang hasil antara amil dhahir dengan isim sabiq  yang dihasilkan melalui tabi’ itu sama dengan hubungan yang dihasilkan dengan kalimah isim yang menjadi syaghil.

TERJEMAH TAQRIRAT  :
(و بعد عاطف) karena terdapat pengathafan jumlah fi’liyyah pada jumlah fi’liyyah dan kecocokan kedua lafadz yang saling mengathafkan lebih utama dari berbeda,seperti :
(مخيرا) antara rafa’ karena melihat jumlah kubro,
Dan nashab karena melihat jumlah sughro
Atau diathafkan dengan fa’ ,seperti :
Atau
(رجح) karena tidak ada hal yang mewajibkan rafa’ dan yang mewajibkan nashab dan yang mengungguli dan sama dalam dua perkara ,
Tidak adanya taqdir lebih utama,seperti :
(و فصل مشغول)Dari fiilnya dhamir
(كوصل) seperti terdahulu
Maka wajib membaca nashab dalam
Atau
Dan membaca rafa’ dalam :
Dan dipilih nashab dalam :
Dan rafa’ dalam :
Dan boleh sama dalam dua perkara :
(ذا عمل) Isim Fa’il dan isim maf’ul dengan makna hal atau istiqbal.
(بالفعل) seperti keterangan terdahulu .
(مانع حصل) seperti ketika isim sifat jatuh menjadi shilahnya AL ,seperti :
(بتابع) Pada isim yang menyibukkan fi’il.
(الواقع) yang menyibukkan pada fi’il seperti ucapanmu :
Seperti ucapanmu :
Dan
Dan


Keterangan :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Shofiyullah alkahfi alfiyah bab fail

Shofiyullah Alkahfi alfiyah bab maful mutlaq

Shofiyullah alkahfi alfiyah bab tanazu'