Shofiyullah alkahfi alfiyah

Karya asli shofiyullah Alkahfi

المفعول المطلق 
(MAF’UL MUTLAQ) 
مَدْلُوْلَيِ الْفِعْلِ كَأَمْـنٍ مِنْ أَمِنْ ۞ اْلمَصْدَرُ اسْمُ مَا سِوَى الزَّمَانِ مِنْ 
Mashdar yaitu sesuatu selain zaman dari kedua madlulnya fi’il ,seperti lafadz أَمْـنٍ dari madzi : أَمِنْ 
وَكَوْنُهُ أَصْـلاً لِهَذَيْنِ انْتُخِــــــبْ ۞ بِمِثْلِهِ أَوْ فِعْلٍ أَوْ وَصْفٍ نُصِــــبْ 
Mashdar dinashabkan dengan sesamanya atau sesamanya atau fi’il atau sifat , 
Dan adanya mashdar sebagai asal keduanya adalah pendapat yang dipilih. 
كَسِرْتُ سَيْرَتَيْنِ سَيْرَ ذِيْ رَشَدْ ۞ تَوْكِيْدًا أَوْ نَوْعًا يُبِيْنُ أَوْ عَــــــدَدْ 
Mashdar berfaedah taukid atau nau’ atau adad ,seperti : سِرْتُ سَيْرَتَيْنِ سَيْرَ ذِيْ رَشَدْ 
كَجِدَّ كُلَّ اْلجِدِّ وَافْرَحِ اْلجَــــــذَلْ ۞ وَقَدْ يَنُوْبُ عَنْهُ مَــــــــا عَلَيْهِ دَلّ 
Terkadang lafadz yang sudah menunjukkan mashdar bisa mengganti mashdar,seperti : جِدَّ كُلَّ اْلجِدِّ وَافْرَحِ اْلجَذَلْ 
وَثَـنِّ وَاجْمَـــــعْ غَيْـــــرَهُ وَأَفْـــــرِدَا ۞ وَمَــــــا لِتَوْكِيْــــدٍ فَوَحِّــــــدْ أَبَـــدَا 
Adapun mashdar yang berfaedah taukid maka mufradkanlah selamanya, 
Dan tasniyahkanlah ,jama’kanlah,dan mufradkanlah mashdar yang selainnya taukid 
وَفِيْ سِـــوَاهُ لِدَلِيْــــــلٍ مُتَّسَــــــعْ ۞ وَحَذْفُ عَامِلِ الْمُؤَكِّــــدِ امْتَنَـــــعْ 
Membuang amilnya mashdar yang mentaukidi amilnya hukumnya tercegah,dan pada selainnya hukumnya diperbolehkan

TERJEMAH TAQRIRAT  : 
(ما سوى الزمان) yaitu hadats (pekerjaan) 
(بمثله) seperti firman Allah SWT : 
فَإِنَّ جَهَنَّمَ جَزَؤُكُمْ جَزَاءً مَوْفُوْرًا (الإسراء 63) 
(أو فعل) seperti : 
وَ كَلَّمَ اللهُ مُوْسَى تَكْلِيْمًا (النساء 164) 
(أو وصف) seperti : 
وَ الصَّافَّاتِ صَفًّا (الصافات 1) 
(أنتخب) karena setiap cabang menyimpan asal dan tambahan,sedangkan fi’il dan sifat ketika dinisbatkan pada mashdar , juga seperti itu 
(توكيدا) seperti : سِرْتُ سَيْرًا 
(عنه) Dalam nashabnya sebagai maf’ul mutlaq. 
(و إفرح الجذل) Dan seperti : ضَرَبْتُ زَيْدًا سَوْطًا 
Dan seperti : 
فَاجْلِدُوْهُمْ ثَمَانِيْنَ جَلْدَةً (النور 4) 
Dan seperti : 
سِرْتُ أَحْسَنَ السَّيْرِ (النور 4) 
(فوحد أبدا) karena seperti menempati tempatnya mengulangi amil.dan fi’il bisa ditasniyahkan dan tidak dijama’kan. 
(و ثن و إجمع ألخ) karena layak untuk demikian 
(أمتنع) karena didatangkan untuk menguatkan amilnya ,dan menetapkan ma’nanya,dan membuang akan menghilangkan tujuan diatas 
(لدليل) seperti ketika diucapkan pada orang yang bertanya : أَيَّ سَيْرٍ سِرْتَ  (bagaimana cara  berjalanmu ?) 
diucapkan : سَيْرًا سَرِيْعًا  (berjalan dengan cepat)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Shofiyullah alkahfi alfiyah bab fail

Shofiyullah Alkahfi alfiyah bab maful mutlaq

Shofiyullah alkahfi alfiyah bab tanazu'